Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Dalam Meningkatan Literasi Membaca Siswa Sekolah Menengah Atas

  • Anneya Wulan Maharani UNP
  • Ridho Bayu Yefterson
Keywords: Bahan Ajar, Ebook, pembelajaran sejarah, literasi membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar E-Book interaktif sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa menegah atas pada mata pelajaran sejarah. Hal ini berdasarkan temuandan observasi peneliti saat melaksanakan praktek lapangan kependidikan (plk) di SMA Negeri 1 Padang pada semester Januari-Juni 2020. Temuan tersebut menyatakan bahwa dalam memahami dan menganalisa peristiwa sejarah yang mereka pelajari sangat rendah, hal tersebut diakibatkan oleh kurangnya minat baca siswa sehingga dirasa perlu melakukan inovasi bahan ajar yang lebih interaktif berupa E-Book.E-Book mampu mengintegrasikan tayang suara, grafik, gambar, maupun film sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konfensional. Peneliti mengembangkanE-Book sebagai bahan ajar dengan memasukan materi sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), dengan menggunakan model pengembangan  ADDIE yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implement), evaluasi (evaluate). Namun dalam penelitian ini prosedur penelitian dilakukan hanya sampai tahap pengembangan (development). Uji kelayakan bahan ajar e-book dilakukan oleh 3 orang validator ahli bidangnya masing-masing, yakni ahli materi, ahli bahan ajar dan ahli teknologi pembelajaran sejarah. Hasil bahan ajar e-book berdasarkan kelayakan materi yakni kelayakan ahli  materi 4.0 dengan katagori sangat layak. Validasi bahan ajar awalnya sebesar 1.73 dikategorikan kurang layak dan setelah direvisi diperoleh rata-rata 3.72 dengan dikategorikan sangat layak. Sedangkan ahli teknologi pembelajaran  yakni 3.64 dengan dikategorikan sangat layak. Dengan demikian bahan ajar ebook sangat layak diuji cobakan kepda siswa untuk meliht kepraktisan dan dapat memanfaatkan sebagai pelengkap pembelajarn sejarah peminatan.

Published
2021-05-19

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.