Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kronologis Siswa Dalam Pembelajaran

  • Resi Gustari unp
  • Ridho Bayu Yefterson
Keywords: Media Puzzle, Pembelajaran sejarah, berfikir Kronologis

Abstract

Latar belakang penelitian adalah minimnya penggunaan media di sekolah, selain itu guru kurang memanfaatkan media dalam pembelajaran khususnya media yang mampu menjangkau keterampialan berfikir kronologis siswa. tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kevalidan penggunaan media puzzle dalam pembelajaran sejarah untuk menumbuhkan kemampuan berfikir kronologis. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan baru sebagian kecil siswa yang mampu berfikir secara kronologis dalam proses pembelajaran. penelitian ini jadi sangat penting karena kemampuan berfikir kronologis harus ada dalam proses pembelajaran sejarah, dan untuk melatih kemampuan berfikir krionologis siswa tersebut dibutuhkan suatu media yang dapat membantu yaitu berupa penggunaan skema waktu di dimodifikasi menjadi puzzle. Minimnya penggunaan media dalam pembelajaran sejarah khususnya untuk meningkatkan berfikir kronologis membuat penelitian ini makin penting untuk dilakukan. Metode penelitian adalah R&D atau Research And Developmen,tujuan dari penelitian R&D adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle terbukti layak untuk di diterapkan di SMA dengan uji validasi data dari ahli materi dan ahli media sebesar 3,6 dan 3,56 dan uji validasi dari guru sebesar 3,42 Berdasarkan hasil uji validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media puzzle layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Published
2021-05-19

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.