Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Digital dalam upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Lengayang
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan ajar yang inovatif dan menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah, pada materi kolonialisme dan imperialisme bangsa barat di Indonesia. Penelitian ini memberikan solusi melalui pengembangan Bahan ajar flipbook digital. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teori yang digunakan yaitu teori behaviorisme yang menekankan pentingnya interaksi antara stimulus dan respon dalam proses belajar. Uji validasi Bahan ajar flipbook digital dilakukan oleh beberapa ahli dibidangnya yaitu ahli materi, konten dan bahan ajar. Tahap praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa di SMAN 1 Lengayang kelas XI F2 dengan memberikan angket. Analisis hasil uji validitasi ahli materi mendapatkan rata-rata 3,43 dan uji validitas ahli bahan ajar mendapatkan rata-rata 3,50. Analisis uji praktikalitas oleh guru dan siswa di SMAN 1 Lengayang menunjukan hasil sangat layak dengan rata-rata 4,00 dan 3,58. Analisis uji efektifitas Bahan ajar flipbook digital dari jawaban siswa menujukan Bahan ajar flipbook digital efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan stimulus dan minat belajar.
Kata Kunci: Pembelajaran sejarah, Bahan ajar flipbook digital, Minat belajar