Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Digital Muatan Lokal Tokoh-tokoh Islam Minangkabau Abad 18

  • Rizela Zahira Departemen Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang
  • Aisiah Aisiah Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengidentifikasi kebutuhan pengembangan buku ajar digital tentang tokoh-tokoh Islam Minangkabau abad ke-18. Upaya ini dilakukan untuk mengatasi keterbatasan sumber belajar sejarah lokal bagi peserta didik SMA di Sumatera Barat khususnya tentang tokoh-tokoh islam di Minangkabau abad 18. Penelitian ini menerapkan (Mix Methods) dengan pendekatan kuantitatif dan kuantitatif. Responden penelitian melibatkan 15 guru sejarah SMA/MA/SMK di Sumatera Barat dan 23 orang peserta didik kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Data dikumpulkan menggunakan google form dianalisis secara kuantitatif menggunakan rumus persentase serta menggunakan metode wawancara. Hasil survei menunjukkan bahwa 71% guru sejarah kesulitan mendapatkan sumber belajar terkait tokoh-tokoh Islam Minangkabau abad 18. Disisi lain sebagian besar peserta didik (96,4%) tidak mengenal tokoh-tokoh Islam Minangkabau abad 18. Hasil survei juga menunjukkan 64% peserta didik membutuhkan buku ajar digital untuk membantu mereka lebih memahami sejarah lokal tokoh-tokoh Islam Minangkabau abad ke-18. Temuan ini menunjukkan perlunya pengembangan buku ajar digital berbasis muatan lokal untuk memperkaya materi pelajaran sejarah lokal Sumatera Barat yang sesuai dengan tuntutan capaian pembelajaran sejarah kurikulum merdeka dan peraturan gubernur Sumatera Barat tentang muatan lokal.

Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Muatan Lokal, Buku Ajar Digital, Tokoh-tokoh Islam Minangkabau

Published
2025-02-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.