Persepsi Peserta Didik Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Sistem Blok Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 di SMK Negeri 9 Padang
Abstract
Persepsi adalah proses kompleks yang melibatkan masuknya informasi kedalam otak manusia melalui panca indra, Melalui persepsi manusia dapat terus berinteraksi dengan lingkungannya, menganalisis, dan menyimpulkan informasi yang diterima. Proses ini memungkinkan manusia memahami dan menafsirkan berbagai stimulus dari lingkungannya secara efektif. Tujuan penelitian ini menjadi pedoman bagi sekolah yang hendak menerapkan sistem blok dalam sistem pembelajaran sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 11 SMK Negeri 9 Padang yang terdiri dari 459 orang peserta didik. Pada penelitian ini jumlah populasi lebih dari 100 orang, maka peneliti mengambil 10% dari jumlah populasi, adapun sampel dalam penelitian ini siswa kelas 11 di SMK Negeri 9 Padang yang berjumlah 46 orang peserta didik. Adapun prosedur pengumpulan data menggunakan penyebaran angket dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dalam menganalisis persepsi peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi peserta didik terhadap efektivitas pembelajaran dengan sistem blok mata pelajaran sejarah indenosia kelas 11 di SMK negeri 9 Padang menunjukan angka 62% itu artinya bahwa Persepsi mengenai penerapan sistem blok di SMK Negeri 9 Padang baik bagi peserta didik.