Penerapan Model Group Investigasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Diskusi Peserta Didik pada Kelas X Fase E.9 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMAN 9 Padang
Abstract
Tujuan penelitian ini penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas diskusi siswa pada mata pelajaran sejarah dengan menerapkan model pembelajaran group Investigation pada siswa kelas X Fase E.9 SMAN 9 Padang. Metode peneltian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mencakup Observasi, wawancara, dokumentasi serta penggunaan catatan lapangan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas diskusi siswa dalam kelompok, dimana hanya siswa yang sadar belajar saja yang terlibat. Dengan menerapkan model penelitian kelompok, keaktifan siswa berdiskusi meningkat sebesar 44,75% pada Siklus 1, meningkat menjadi 71,89% pada Siklus 2. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative learning tipe Group Investigation meningkatkan kinerja siswa dalam diskusi kelompok pada pembelajaran sejarah.