Penerapan Model Group Investigasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Diskusi Peserta Didik pada Kelas X Fase E.9 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMAN 9 Padang

  • Prima Delfrianti UNP
  • Ridho Bayu Yefterson
Keywords: Model Group Investigasi, keaktifan diskusi, pembelajaran sejarah

Abstract

Tujuan penelitian ini penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas diskusi siswa pada mata pelajaran sejarah dengan menerapkan model pembelajaran group Investigation pada siswa kelas X Fase E.9 SMAN 9 Padang. Metode peneltian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mencakup Observasi, wawancara, dokumentasi serta penggunaan catatan lapangan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas diskusi siswa dalam kelompok, dimana hanya siswa yang sadar belajar saja yang terlibat. Dengan menerapkan model penelitian kelompok, keaktifan siswa berdiskusi meningkat sebesar 44,75% pada Siklus 1, meningkat menjadi 71,89% pada Siklus 2. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative learning tipe Group Investigation meningkatkan kinerja siswa dalam diskusi kelompok pada pembelajaran sejarah. 

Published
2024-12-15

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.