Pengembangan Game Ezpindo sebagai Media pembelajaran Sejarah Menggunakan Software Construct 2 Untuk Meningkatkan Berfikir Kronologis Siswa di Fase E
Abstract
Penelitian ini didasari oleh belum optimalnya media pembelajaran yang dapat memenuhi gaya belajar peserta didik yang berbeda-beda yakni visual, audio, dan Kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media Game Ezpindo pada pembelajaran sejarah, (2) Untuk mengetahui kelayakan media Game Ezpindo pada pembelajaran sejarah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE. Tahapan yang terdapat dalam model ADDIE ada lima yaitu, analysis, design, development, Implemntasion, and evaluation. Pengumpulan data mengunakan lembar validasi media dan lembar angket respon guru dan peserta didik. Subjek uji coba media Game Ezpindo adalah peserta didik Fase E.X.2 di SMA N 7 Padang. Produk yang dikembangkan berupa aplikasi berbentuk website yang dapat diakses dengan menggunakan koneksi internet. Hasil penelitian pengembangan Game Ezpindo dinyatakan sangat valid dengan rata-rata penilaian validator 88,5%. Didukung dengan angket praktikalitas guru dan peserta didik memperoleh persentase kepraktisan media 88,88% dan 80,83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Game Ezpindo yang dikembangkan sebagai media pembelajaran sejarah sudah valid atau layak dan praktis untuk digunakan.