Pengembangan Game Ezpindo sebagai Media pembelajaran Sejarah Menggunakan Software Construct 2 Untuk Meningkatkan Berfikir Kronologis Siswa di Fase E

  • Vina Alvio Nita Mahasiswa
  • Rini Afriani Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini didasari oleh belum optimalnya media pembelajaran yang dapat memenuhi gaya belajar peserta didik yang berbeda-beda yakni visual, audio, dan Kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media Game Ezpindo pada pembelajaran sejarah, (2) Untuk mengetahui kelayakan media Game Ezpindo pada pembelajaran sejarah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE. Tahapan yang terdapat dalam model ADDIE ada lima yaitu, analysis, design, development, Implemntasion, and evaluation. Pengumpulan data mengunakan lembar validasi media dan lembar angket respon guru dan peserta didik. Subjek uji coba media Game Ezpindo adalah peserta didik Fase E.X.2 di SMA N 7 Padang. Produk yang dikembangkan berupa aplikasi berbentuk website yang dapat diakses dengan menggunakan  koneksi internet. Hasil penelitian pengembangan Game Ezpindo dinyatakan sangat valid dengan rata-rata penilaian validator 88,5%. Didukung dengan angket praktikalitas guru dan peserta didik memperoleh persentase kepraktisan media 88,88% dan 80,83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Game Ezpindo yang dikembangkan sebagai media pembelajaran sejarah sudah valid atau layak dan praktis untuk digunakan.

Published
2025-02-03

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.