Pengembangan Media Timeline Interaktif untuk Melatih Berpikir Kronologis Siswa kelas X SMA N 13 Padang
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kebutuhan akan inovasi media pembelajaran dalam pembelajaran Sejarah di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana proses pengembangan media Timeline interaktif dan Menganalisis kelayakan media serta keefektifan belajar setelah penggunaan media Timeline. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti model ADDIE. Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi media dan angket respon guru serta peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa media Timeline interaktif sangat layak digunakan, dengan rata-rata penilaian validator 86%. Didukung dengan hasil angket respon guru dan peserta didik: kategori sangat praktis dengan persentase 100% dan 88,33% .Selain itu, efektifitas media Timeline diperoleh dari hasil wawancara bersama peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media Timeline interaktif yang dikembangkan pada pembelajaran Sejarah telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.