Analisis Kebutuhan Video Animasi sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menganalisis Kausalitas pada Pembelajaran Sejarah di SMA N 16 Padang
Abstract
ABSTRACT
This study aims to conduct a needs analysis of the development of animated videos as a learning medium for History for students in class XI IPS. The background of this research is the lack of utilization of learning media in the teaching and learning process, especially in History subjects, as well as the low causality thinking skills in students at SMA Negeri 16 Padang. The research method used in this research is descriptive qualitative with data collection techniques through observation and interviews. The results of the analysis of teachers and students found that teachers still tend to use the lecture method in delivering history subject matter to students so that it does not provide learning experiences to students. In addition, learning media is needed that can overcome the problem of low causality thinking skills in students. So a solution is needed by using animated video media innovations that are interactive. Animated videos are expected to be a solution to problems related to low causality thinking skills in students, so that effective history learning will be created and learning objectives will be achieved.
Keywords: Needs Analysis, History Learning, Animated Video, Development, Causality Thinking
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan terhadap pengembangan video animasi sebagai media pembelajaran Sejarah bagi siswa kelas XI IPS. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar terutama pada mata pelajaran Sejarah, serta rendahnya keterampilan berpikir kausalitas pada siswa di SMA Negeri 16 Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil dari analisis guru dan peserta didik ditemukan bahwa guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran sejarah kepada siswa sehingga kurang memberikan pengalaman belajar kepada siswa. Selain itu dibutuhkan media pembelajaran yang mampu mengatasi masalah atas rendahnya keterampilan berpikir kausalitas pada siswa. Sehingga dibutuhkan sebuah solusi dengan menggunakan inovasi media video animasi yang bersifat interaktif. Video animasi diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan terkait rendahnya keterampilan berpikir kausalitas pada siswa, sehingga akan tercipta pembelajaran sejarah yang efektif dan tercapainya tujuan pembelajaran.
Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Pembelajaran Sejarah, Video Animasi, Pengembangan, Berpikir Kausalitas