Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Trailer Node untuk Meningkatkan Minat Belajar Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA N 4 Sumatera Barat

  • Widia Zulfianti Fakultas Ilmu Sosial
  • Ridho Bayu Yefterson Universitas Negeri Padang
Keywords: Analisis Kebutuhan, Media Pembelajaran Sejarah, Video Trailer Node, Minat Belajar, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media video trailer node guna meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran sejarah di SMA N 4 Sumatera Barat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Research and Development (R&D), mengimplementasikan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi) pada proses analisis. Perolehan data melalui observasi dan wawancara di SMA N 4 Sumatera Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video trailer node, yang menyajikan materi sejarah secara visual dan dinamis, efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa serta mempermudah pemahaman materi. Analisis peserta didik mengungkapkan rendahnya minat siswa terhadap sejarah disebabkan oleh penggunaan media yang monoton. Kurikulum yang diterapkan adalah Kurikulum Merdeka untuk Kelas XI Fase F, mencakup materi seperti Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tujuan pembelajaran meliputi: menganalisis pengaruh Perang Dunia II, mengidentifikasi persiapan Proklamasi, dan menganalisis dampak permasalahan kehidupan bangsa. Penggunaan media video trailer node sebagai alat pembelajaran inovatif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa, guru, dan sekolah.

Published
2024-10-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.