Analisis Kebutuhan Pengembangan Ludo History (DORY) Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah SMA N 8 Padang
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebutuhan akan media pembelajaran yang bersifat evaluatif dan menggunakan pendekatan permainan, Ludo History (DORY), guna menciptakan alat bantu pembelajaran sejarah yang lebih efektif, khususnya pada materi “Kedatangan Bangsa Eropa di Indonesia”. Kebutuhan ini muncul karena guru di SMA N 8 Padang belum mengembangkan media pembelajaran inovatif yang memadukan unsur permainan, sehingga kurang mampu menarik minat siswa. Studi ini menerapkan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa pemanfaatan media evaluasi berupa permainan Ludo History (DORY) mampu merangsang minat dan ketertarikan siswa terhadap pelajaran sejarah. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa adanya kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif sangat penting untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi sejarah. Maka dari itu dibutuhkan sebuah inovasi terhadap media pembelajaran di SMAN 8 Padang. Solusi yang dapat peneliti berikan ialah mengembangkan media pembelajaran sejarah berupa Ludo History (DORY) yang berbentuk permainan yang dapat membuat pembelajaran menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bertujan untuk : (1) mengembangkan media Ludo History (DORY) sebagai media evaluasi pembelajaran di SMA N 8 Padang, (2) menganalisis kelayakan media Ludo History (DORY) sebagai media evaluasi pembelajaran sejarah dan (3) menganalisis kepraktisan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif berupa Ludo History (DORY) yang diterapkan di kelas XI SMA N 8 Padang