Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Digital pada Materi Pendudukan Jepang di Indonesia di SMA

  • Via Adriwati Universitas Negeri Padang
  • Rini Afriani Universitas Negeri Padang
Keywords: Analisis Kebutuhan, Pembelajaran Sejarah, Bahan Ajar Digital, Empati Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi guna mengetahui kebutuhan terhadap pengembangan bahan ajar digital pada materi "Pendudukan Jepang di Indonesia" untuk membangun empati sejarah pada siswa. Pengembangan bahan ajar ini adalah sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah, yang sering kali dianggap kurang menarik dan sulit untuk dipahami oleh siswa. Penggunaan bahan ajar digital diharapkan dapat memberikan solusi dengan menyediakan materi yang lebih interaktif, menarik dan mudah diakses oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara yang melibatkan guru sejarah dan siswa di SMA Negeri 1 Palembayan. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa kekurangan bahan ajar di karenakan bahan ajar yang ada di sekolah tersebut tidak cukup untuk semua siswa, ditambah ketidakmampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar digital yang berbasis teknologi. Namun, ditemukan pula kendala dalam pengembangan bahan ajar digital, seperti keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru, dan kurangnya pelatihan yang diterima oleh guru dalam mengembangkan bahan ajar digital yang lebih menarik dan bervariatif. Oleh karena itu, peneliti menawarkan sebuah solusi melalui pengembangan bahan terbuka digital. Bahan ajar digital ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi pendudukan Jepang di Indonesia dan membantu siswa dalam membangun empati sejarah.

Published
2024-10-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.