Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Digital pada Materi Pendudukan Jepang di Indonesia di SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi guna mengetahui kebutuhan terhadap pengembangan bahan ajar digital pada materi "Pendudukan Jepang di Indonesia" untuk membangun empati sejarah pada siswa. Pengembangan bahan ajar ini adalah sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah, yang sering kali dianggap kurang menarik dan sulit untuk dipahami oleh siswa. Penggunaan bahan ajar digital diharapkan dapat memberikan solusi dengan menyediakan materi yang lebih interaktif, menarik dan mudah diakses oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara yang melibatkan guru sejarah dan siswa di SMA Negeri 1 Palembayan. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa kekurangan bahan ajar di karenakan bahan ajar yang ada di sekolah tersebut tidak cukup untuk semua siswa, ditambah ketidakmampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar digital yang berbasis teknologi. Namun, ditemukan pula kendala dalam pengembangan bahan ajar digital, seperti keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru, dan kurangnya pelatihan yang diterima oleh guru dalam mengembangkan bahan ajar digital yang lebih menarik dan bervariatif. Oleh karena itu, peneliti menawarkan sebuah solusi melalui pengembangan bahan terbuka digital. Bahan ajar digital ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi pendudukan Jepang di Indonesia dan membantu siswa dalam membangun empati sejarah.