Analisis Kebutuhan Komik Sebagai Media dalam Pembelajaran Sejarah
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Inovasi Komik yang belum pernah digunakan sebagai alat perantara dalam proses belajarm engajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai atau terlaksana dengan maksud mengajak nak berfikir historis pada keterampilan menganalisis sebab dan akibat (kausalitas) dalam peristiwa sejarah, salah satunya dalam materi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Dengan menggunakan teknik-teknik tersebut, peneliti dapat melakukan analisis kebutuhan untuk pengembangan media komik. Hasil dari analisis yang dibahas dalam artikel ini mencakup 1)Analisis guru dan siswa, 2) Analisis kurikulum merdeka, 3) Analisis sumber daya yang tersedia,4) Analisis kebutuhan komik. Urgensi dari penelitian ini bermula dari identifikasi beberapa masalah yang relevan. Salah satunya adalah kurangnya variasi penggunaan media oleh guru, terutama yang dapat melatih keterampilan siswa dalam menganalisis kausalitas peristiwa sejarah. Selain itu, kemampuan guru dalam menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran yang inovatif di SMA Pembangunan Lab.UNP juga masih terbatas. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan media berbasis teknologi dalam pembelajaran sejarah yang dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kausalitas. Sebagai tanggapan terhadap urgensi ini, penelitian ini difokuskan pada analisis kebutuhan untuk mengembangkan komik sebagai media pembelajaran yang mampu memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut.