Penerapan Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Problem Based Learning di SMA Negeri 15 Padang
Abstract
ABSTRAK
Aplikasi pembelajaran di kelas sangat dipengaruhi oleh peran guru dalam menerapkan modell pembelajaran yang tepat yang melibatkan tingkat pemikiran aktif siswa. Berbagai modell pasti akan membuat suasana pelajaran menarik. Oleh karena itu, pembelajaran yang efektif, terutama untuk meningkatkan pemikiran kritis siswa, membutuhkan model yang tepat. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menerapkan modell pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran sejarah. Tujuan dari studi ini adalah untuk menetapkan penerapan modell pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI F di SMA Negeri 15 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan alat penelitian seperti wawancara, pengamatan, and documentasi. Analysdata yang digunakan adalah analysmodell Miles och Hubermans: reduksi data, presentasi data, sedan kesimpulan. Hasil dari studi ini adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran sejarah. Artinya, melalui tahap komunikasi tujuan belajar, mengatur siswa untuk menjelaskan definisi, menginstruksikan siswa, menciptakan och menyajikan produkt kerja, dan akhirnya menganalisis och mengevaluasi kinerja siswa.