Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Wondershare Filmora untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kronologis Peserta Didik
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah kesulitan siswa memahami materi pembelajaran secara kronologis dalam menjelaskan suatu peristiwa sejarah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tahapan pengembangan dari media video pembelajaran untuk melatih kemapuan berfikir kronologios peserta didik serta untuk mengetahui keefektifan dari media video pembelajaran yang dapat melatih kemapuan berfikir kronologis pesrta didik. Metode dalam penelitian ini adalah R&D (Research And Development). Model yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah model ADDIE atau analisi, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Namun, penelitian ini baru sampai pada tahap implementasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI F 1 SMAN 1 Batang Anai. Keberhasilan dan kegunaan produk ini dikonfirmasi melalui kuesioner dari materi pembelajaran sejarah dan ahli media pembelajaran sejarah, guru mata pelajaran sejarah, dan siswa. Kesesuaian bahan diberikan peringkat 3,5 dalam kategori "sangat layak" oleh para ahli materi sejarah. Skor kelayakan untuk media belajar sejarah adalah 3,58 dan oleh karena itu berada dalam kategori kelayakan yang sangat layak. Uji praktikalitas dan efektivitas kepada guru adalah 3,87 dalam kategori "sangat efektif". Uji praktikalitas untuk siswa" mendapat skor 3,61 dalam kategori "Sangat praktis". Oleh karena itu, media video untuk pembelajaran sejarah materi “kedatangan orang Barat ke Indonesia” sangat praktis dan efektif untuk mengajar sejarah di sekolah.