Perkembangan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Sejahtera Di Nagari Persiapan Jorong Pujorahayu Kab. Pasaman Barat (2009-2020)

  • Reipa Aprikarti Universitas Negeri Padang
  • Azmi Fitrisia
Keywords: Perkembangan, Lembaga dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan): Perkembangan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Sejahtera di Jorong Pujorahayu Kab. Pasaman Barat (2009-2020). Permasalahan yang peneliti angkat yaitu bagaimana perkembangan Gapoktan Karya Sejahtera yang dilihat dari setiap unit-unit usaha yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan setiap unit-unit usaha yang dimiliki Gapoktan Karya Sejahtera. Penelitian ini menggunakan metode sejarah, diantaranya Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi, serta Historigrafi atau penulisan sejarah. Pertama, penulis mendapatkanddata dari objek penelitian, yang terbagi dua yaitu data primer dan sekunder. Kedua dilakukan skritik sumber terhadap data yang telah diperoleh. Ketiga, menafsiran yang berkaitan dengan informasi dan fakta sejarah. Keempat, penulis menjelaskan hasil dari penelitian dalam sebuah karya ilmiah berupa skripsi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan Gapoktan Karya Sejahtera mengalami perkembangan dilihat dari setiap unit-unit usahanya.  Perkembangan unit usaha LKMA bisa dilihat dari bertambahnya jumlah nasabah, dan meningkatnya SHU dari tahun ketahun. Unit usaha pembelian dan penjualan hasil pertanian mengalami perkembangan dengan meningkatnya keuntungan penjualan gabah sedangkan keuntungan penjualan jagung mengalami peningkatan dan penurunan. Perkembangan unit usaha UPJA dilihat dari bantuan alat yang didapatkan. Unit usaha Saprodi mengalami perkembangan dari jumlah keuntungan pada tahun 2019 Rp.15.500.000,- tahun 2020 menjadi Rp.59.000.000,-. Unit usaha pembelian dan pengolahan hasil pertanian gabah menjadi beras juga mengalami perkembangan seperti unit usaha lainya.

Published
2021-05-19

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.