Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Poster Digital Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Kelas XI Di SMA N Megang Sakti Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media poster digital terhadap hasil belajar pelajaran Sejarah peserta didik kelas XI SMA N Megang Sakti. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N Megang Sakti dengan melibatkan 35 siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelompok eksperimen dan 35 siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling secara acak berdasarkan pertimbangan tertentu. Data dikumpulkan melalui tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel (4,739 > 1,692) pada tingkat signifikansi 0,05, yang berarti hipotesis Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa media poster digital memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI di SMA N Megang Sakti. Hal ini terlihat dari meningkatnya minat dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran setelah diberikan perlakuan menggunakan media poster, sehingga hasil belajar yang diperoleh menjadi lebih baik.