Pengembangan History Website yang Disusun Secara Kronologis sebagai Media dalam Pembelajaran Sejarah di MAN 3 Padang
Abstract
Abstract
This research is based on the need for innovation regarding media in teaching history at MAN 3 Padang. The research aims to analyze the need for History Websites as a medium for learning History. The method used is a descriptive method using data collection techniques through observation and interviews at schools. The research results were obtained from an analysis of media needs in learning, namely requiring innovation regarding interesting and interactive learning media which aims to make students active and think critically in studying history. The History Website can be a solution to overcome existing problems, because it is a media that can be used directly by students, is interesting and creative to use in learning. So that it can encourage activity and the goals of history learning can be achieved optimally and effectively
Keywords: Needs Analysis, Media, History Website, History Learning
Abstrak
Penelitian ini didasari dengan kebutuhan inovasi mengenai media dalam pembelajaran Sejarah di MAN 3 Padang. Pernelitian bertujuan untuk menganalisis kebutuhan History Website sebagai media dalam pembelajaran Sejarah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara ke sekolah. Hasil penelitian diperoleh dari analisis kebutuhan media dalam pembelajaran yakni membutuhkan inovasi mengenai media pembelajaran yang menarik dan interaktif yang bertujuan agar dapat membuat peserta didik aktif, berpikir kritis dalam mempelajari Sejarah. History Website dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada, karena suatu media yang dapat digunakan secara langsung oleh peserta didik, menarik dan kreatif untuk digunakan dalam pembelajaran. Sehingga dapat mendorong keaktifan dan tujuan dari pembelajaran Sejarah dapat tercapai dengan optimal dan efektif
Kata Kunci : Analisis Kebutuhan, Media, History Website, Pembelajaran Sejarah