Analisis Kebutuhan Pengembangan Media E Poster Interaktif Sejarah Menggunakan Aplikasi Thinglink dalam Pembelajarah Sejarah di MAN 2 Payakumbuh
Abstract
Penelitian yang dikembangkan oleh peneliti bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai kebutuhan terhadap pengembangan media pembelajaran sejarah berupa e poster sejarah menggunakan aplikasi thinglink yang berguna untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran sejarah terkhusus pada materi “Di Bawah Tirani Jepang” . Dalam proses pembelajaran, media pembelajaran adalah suatu unsur yang sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan salah satu fungsi dari media pembelajaran itu adalah sebagai alat bantu dalam mengajar yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian yang dikembangkan pada artikel ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi (survey) dan wawancara. Dengan menggunakan teknik tersebut peneliti mampu menemukan analisis kebutuhan dari pengembangan media e poster sejarah menggunakan thinglink. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap pembelajaran sejarah, karena memang dalam wawancara yang dilakukan guru mata pelajaran sejarah di MAN 2 Payakumbuh kurang mampu mengembangkan media pembelajaran terutama media berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) bagaimana pengembangan media e poster interaktif sejarah menggunakan aplikasi thinglink dalam pembelajaran sejarah di MAN 2 Payakumbuh dan (2) mengetahui praktikalitas dan tingkat keefektivan penggunaan media pembelajaran interaktif berupa e poster sejarah berbasis thinglink yang diterapkan di kelas XI MAN 2 Payakumbuh. Penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) dengan prosedur pengembangannya ada 5 langkah yaitu (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evalution.