Pengembangan Mind Map Interaktif untuk Melatih Berpikir Kausalitas pada Pembelajaran Sejarah di SMA N 01 Bukit Sundi
Abstract
Abstract
This research is motivated by the need for new innovations regarding learning media in history learning at the high school level. This research aims to analyze the needs for learning media in the form of interactive mind maps. The research method is a qualitative descriptive method with data collection techniques by conducting interviews and field observations. The results of the research contain an analysis of learning media needs which aims to overcome the problem, namely the lack of creative and innovative learning media implemented in schools. So it influences students' interest in learning and thinking about causality which is really needed when learning history. Therefore, a new innovation is needed to be a solution to overcome this problem, namely using interactive mind map media which is presented interestingly and creatively, with the hope of being able to become an interactive media that can encourage students' enthusiasm and causal thinking in learning.
Keywords: Needs analysis, mind map media, history learning
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan dibutuhkannya inovasi baru mengenai media pembelajaran pada pembelajaran sejarah di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk analisis kebutuhan media pembelajaran berupa mind map interaktif. Metode penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan observasi ke lapangan. Hasil penelitian berisi tentang analisis kebutuhan media pembelajaran yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yaitu kurangnya media pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang diterapkan di sekolah. Sehingga berpengaruh terhadap ketertarikan peserta didik untuk belajar dan berfikir kausalitas yang sangat dibutuhkan pada saat pembelajaran Sejarah. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah inovasi baru untuk menjadi solusi mengatasi permasalahan tersebut yakni menggunakan media mind map interaktif yang disajikan dengan menarik dan kreatif, dengan harapan mampu menjadi sebuah media interaktif yang dapat mendorong semangat dan berfikir kausalitas peserta didik dalam belajar.
Kata Kunci : Analisis kebutuhan, media mind map, pembelajaran sejarah