Penanamam Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 5 Pariaman Kota Pariaman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) bagaimana strategi penanaman nilai-nilai Nasionalisme dalam pembelajaran sejarah di SMA N 5 Pariaman, (2) evaluasi penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah di SMA N 5 Pariaman, dan (3) kendala yang dihadapi guru sejarah di SMA N 5 Pariaman dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme. Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dengan bantuan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjuukkan beberapa hal yaitu: 1) starategi penanaman nilai-nilai nasionalisme yang dilakukan oleh guru sejarah mencakup pembelajaran sejarah yang dimulai dari perencanaan dengan menyiapkan perangkat ajar yang sesuai, pelaksanaan dengan menggunakan berbagai model dan metode serta media pembelajaran yang menarik, dan evaluasi pembelajaran, 2) evaluasi pembelajaran penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah dilakukan dengan melihat berbagai aspek seperti kognitif dan afektif, 3) kendala yang dihadapi dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme pada pembelajaran sejarah berkaiatan dengan tahapan-tahapan pembelajaran yaitu pada tahap persiapan pembelajaran permasalahan yang dihadapi berkaiatan dengan konsistensi dalam menyusun bahan ajar yang sesuai, dan pada tahap pelaksanaan kendala yang dihadapi adalah keterbatasan waktu.