Analisis Kebutuhan E-Booklet Sebagai Bahan Ajar Penunjang Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka Pada Materi Pergerakan Kebangsaan Indonesia Untuk SMA

  • Nurul Fazira Pratama Universitas Negeri Padang
  • Rini Afriani Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan E-Booklet Interaktif sebagai bahan ajar pendukung dalam pembelajaran sejarah mengenai Pergerakan Kebangsaan Indonesia untuk siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, di mana peneliti berperan sebagai instrumen kunci dan pengolahan data dilakukan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya antusiasme siswa dalam proses pembelajaran disebabkan oleh bahan ajar yang kurang menarik, tidak interaktif, dan tidak melibatkan siswa secara langsung. Oleh karena itu, diperlukan inovasi berupa bahan ajar baru untuk mendukung pembelajaran sejarah. E-Booklet dikembangkan dengan memasukkan unsur visual dan fitur-fitur interaktif, seperti gambar, video, dan latihan soal, yang dapat diakses melalui perangkat digital. Implementasi E-Booklet ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar, pemahaman materi, dan partisipasi aktif siswa. Penelitian ini berkontribusi dalam menyediakan bahan ajar yang mendukung Kurikulum Merdeka, mengatasi keterbatasan bahan ajar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah.

Published
2024-05-29

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.