Analisis Kebutuhan E-LKPD Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Sejarah Untuk Peserta Didik Fase E di SMA Negeri 6 Padang

  • Dwi Rahayu Septiani Universitas Negeri Padang
  • Ridho Bayu Yefterson Universitas Negeri Padang
Keywords: Analisis Kebutuhan, Media Pembelajaran, E-LKPD, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengumpulan informasi kebutuhan terhadap pengembangan sebuah media pembelajaran E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) guna membantu peserta didik melatih keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran sejarah. Metode penelitian ini yakni kualitatif menggunakan data deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, dengan teknik tersebut peneliti mampu menemukan analisis kebutuhan dari pengembangan E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL). Hasil analisis penelitian di dalam artikel ini yaitu analisis peserta didik dan analisis kurikulum. Dari analisis peserta didik ditemukan bahwa peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang mampu memandu peserta didik dalam pembelajaran berbasis masalah, karena guru belum mampu menciptakan media pembelajaran yang sesuai sintak Problem Based Learning (PBL). Kemudian analisis kurikulum, kurikulum yang digunakan ialah kurikulum merdeka, dengan materi yang digunakan adalah materi Fase E kelas X tentang Asal-Usul Nenek Moyang, tujuan pembelajaran yaitu: (1). Peserta didik mampu membedakan teori asal-usul nenek moyang serta bukti dukung teori, (2). Peserta didik mampu membandingkan karakteristik bangsa Melanesia, Proto Melayu serta Deutro Melayu, (3). Peserta didik mampu mengidentifikasi asal-usul nenek moyang suku yang terdapat dalam lingkungan terdekat peserta didik, (4). Peserta didik mampu menyajikan solusi alternative permasalahan masa kini terkait asal-usul nenek moyang, (5). Peserta didik mampu menunjukkan sikap nasionalisme dengan menghargai keberagaman yang ada pada masyarakat sekitarnya.

Published
2024-05-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.