Pengembangan Desain dan Instrumen Asesmen Portofolio Pembelajaran Sejarah (DIAPPS)

  • Leni Refita Universitas Negeri Padang
  • Aisiah Aisiah Universitas Negeri Padang
Keywords: Portofolio, instrumen asesmen portofolio, projek, pembelajaran sejarah

Abstract

Perkembangan mutakhir menunjukkan bahwa portofolio pembelajaran sejarah menjadi alternatif yang menarik dalam mengevaluasi kemajuan belajar peserta didik, namun portofolio pembelajaran sebagai bagian dari asesmen belum menjadi perhatian bagi guru-guru sejarah, untuk itu penelitian desain dan instrumen asesmen portofolio ini penting dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjabarkan tahapan dalam mengembangkan desain dan instrumen asesmen portofolio pembelajaran sejarah, 2) melihat uji kelayakan produk. Metode penelitian ini menggunakan research and development (R&D) dengan model ADDIE. Uji kelayakan desain dan instrumen asesmen portofolio pembelajaran sejarah menggunakan lembar validasi berbentuk angket yang dilakukan oleh dua pakar materi dan dua pakar evaluasi dengan memakai skala likert. Teknik analisis data dengan menggunakan rerata. Langkah-langkah pengembangan desain dan instrumen asesmen portofolio yaitu, tahap analisis, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Hasil uji validasi oleh ahli materi memperoleh rerata 3,67 dan uji validasi oleh ahli evaluasi memperoleh rerata 3,36. Berdasarkan hasil uji validasi tersebut didapatkan bahwa desain dan instrumen asesmen portofolio pembelajaran sejarah sangat layak digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Published
2024-05-29

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.