Analisis Sebaran Level Kognitif Asesmen Pilihan Ganda Dalam Buku Teks Sejarah Kurikulum Merdeka Kelas XI Fase F
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh soal asesmen pada buku teks sejarah kelas XI kurikulum merdeka belum diketahui gambaran sebaran level kognitif dan cenderung monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sebaran level kognitif asesmen pilihan ganda pada buku teks sejarah kurikulum merdeka kelas XI Fase F. Jenis penelitian yaitu penelitian evaluasi dimana pada penelitian ini menganalisis butir soal asesmen hasil belajar sejarah untuk menentukan kualitasnya ditinjau dari level kognitif. Objek evaluasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah butir soal asesmen hasil belajar sejarah dalam buku teks sejarah kelas XI yang terdiri dari 4 Bab soal pilihan ganda banyaknya 20 butir soal yaitu Bab 1 jumlahnya 5 butir soal materi Kolonialisme dan perlawanan bangsa Indonesia, Bab II 5 butir soal materi Pergerakan Kebangsaan Indonesia, Bab III 5 butir soal materi Di Bawah Tirani Jepang dan Bab IV 5 butir soal materi Proklamasi Kemerdekaan. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar evaluasi. Teknik menganalisis data dilakukan dengan menggunakan metode persentase. Hasil penelitian menunjukkan dari 20 soal yang terdapat dalam asesmen buku sejarah terdapat 2 soal pada taraf level kognitif Mengingat (C1), 11 soal pada taraf level kognitif Memahami (C2), 0 soal pada taraf level kognitif Menerapkan (C3), 7 soal pada taraf level kognitif Menganalisis (C4), 0 soal pada taraf level kognitif Mengevaluasi (C5), dan 0 soal dengan taraf level kognitif Mencipta (C6). Sehingga dapat disimpulkan soal asesmen pilihan ganda hasil belajar sejarah kelas dalam buku teks sejarah kelas XI Fase F yang paling banyak digunakan adalah level kognitif menjelaskan (C2) dengan persentase 55%.