Perkembangan Pabrik Tahu PT. Saparindauan Saiyo Sakato Dan Dampak Kehidupan Sosial Ekonomi Terhadap Karyawannya di Nagari Sungai Janiah Kabupaten Solok Tahun (2016-2023)

  • Meyzia Indah Pratiwi Universitas negeri padang
  • Rusdi Rusdi

Abstract

Penelitian ini merupakan sejarah dengan tujuan untuk dapat mengetahui perkembangan dan damapak dari beradanya pabrik tahu Saparinduan Saiyo Sakato yang berada di Nagari Sungai Janiah, Kabupaten Solok. Fokus kajian yaitu pada perkembangan industri sejak tahun 2017 sampai tahun 2023 serta dampak kehidupan sosial ekonomi terhadap karyawannya di Nagari Sungai Janiah, Kabupaten Solok. Penelitian penting karena industri tahu PT. Saparinduan Saiyo Sakato ada sejak 2017 sampai sekarang dan sebagai penghasil tahu sumedang terbaik di Kabupaten Solok. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu terdiri dari empat tahapan diantaranya heuristi, kritik sumber, historiografi, dan interpretasi. Penelitian ini dapat menunjukkan bagaimana perkembangan dari pabrik tahu PT. Saparinduan Saiyo Sakato dari mulai dari beradanya pabrik tahu tersebut, sejarah berdiri, perkembangan pabrik, sosial ekonomi dari karyawan pabrik yang berkerja di PT. Saparinduan Saiyo Sakapabrik tahu PT. Saparinduan Saiyo Sakato terhadap karyawannya di Nagari Sungai Janiah Kabupaten Solok.

Kata Kunci: Perkembangan, Industri Tahu, Sosial- Ekonomi.

Published
2023-12-22

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.