Analisis Kebutuhan Aplikasi Kahoot Berbasis Internet Basssed Test (IBT) Sebagai Ulangan Harian Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Rantau Utara

  • Kusuma Sari Departemen Sejarah
  • Ridho Bayu Yefterson
Keywords: Pengembangan, Kahoot, Internet Based Test (IBT)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah media tes Kahoot berbasis Internet Based Test (IBT) yang layak, mudah dalam penggunaan, dan kemenarikan media. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan model ADDIE.  Aplikasi yang dikembangkan pada penelitian ini adalah suatu alat tes ulangan harian Kahoot untuk kelas XI sejarah SMA Negeri 2 Rantau Utara. Namun tahap penelitian ini baru sampai pada tahap analisis yaitu analisis kebutuhan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian analisis kebutuhan ini adalah 1) analisis siswa, siswa memerlukan media pengujian yang dapat memberikan pemahaman konsep peristiwa sejarah, dan 2) analisis guru, guru memerlukan media pengujian yang interaktif, terkini, menarik dan tepat sasaran untuk digunakan pada saat ujian, 3) Analisis Kurikulum; KI; KD; Indikator pembelajaran sejarah cocok untuk media tes Kahoot berbasis IBT. Kesimpulan yang diperoleh adalah aplikasi Kahoot sebagai media tes berbasis Internet Based Test diperlukan sebagai media tes ulangan harian sejarah di SMA Negeri 2 Rantau Utara.

Published
2023-10-15

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.