Inovasi Dart Game Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menegah Atas

  • Oga Nafriadi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Hera Hastuti Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
Keywords: Media Dart Game, Pembelajaran Sejarah, Berpikir Kausalitas

Abstract

Penelitian ini merupakan inti sari dari permasalahan minimnya penggunaan media dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan pengalaman lapangan peneliti semester Januari-Juni 2020 di SMAN 6 Padang, guru lebih dominan memaparkan materi pembelajaran dengan ceramah di depan kelas. Jikalaupun ada penggunaan media, hanya sebatas power point tidak bersifat interaktif. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu merancang sebuah media pembelajaran yang bersifat interaktif melalui permainan yaitu media Dart Game. Selain menekankan pada interaksi pembelajaran yang menyenangkan materi pada media Dart Game disusun berdasarkan analisis kausalitas atau sebab-akibat terjadinya peristiwa. Pada penelitian ini peneliti mengaplikasikannya pada materi Proses Masuk dan Perkembangan Penjajahan Bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yaitu pendefenisian (define), perencanaan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dissemination). Namun dalam penelitian ini prosedur penelitian
dilakukan hanya sampai tahap pengembangan (development). Uji kelayakan media dilakukan oleh dua orang validator ahli dibidangnya masing-masing, yakni ahli materi dan ahli media pembelajaran sejarah. Hasil penelitian media Dart Game berdasarkan kelayakan materi yakni 84,84% dalam kategori valid kemudian hasil analisis media yaitu 91,66% dalam kategori sangat valid.

Published
2020-10-04

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.