Pembangunan Kampus III UIN Imam Bonjol Padang dan Dampaknya Terhadap Masyarakat Kelurahan Balai Gadang (2010-2023)

  • Misbahatul Qolbi Mahasiswa
  • Azmi Fitrisia Universitas Negeri Padang
Keywords: Sosial Ekonomi, Pembangunan, Perubahan.

Abstract

Keberadaan sebuah Universitas dalam suatu wilayah tentunya akan berpengaruh pada masyarakat sekitar. Keberadaan ini tentunya akan menimbulkan perubahan struktur wilayah dan berbagai kepentingan yang berkaitan secara ekonomi maupun sosial. Salah satu perguruan tinggi yang dapat memberikan perubahan pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitaran kampus adalah UIN Imam Bonjol Padang. Dimana dengan dibangunnya Kampus III UIN Imam Bonjol Padang sangat memberi perubahan besar terhadap kawasan Kelurahan Balai Gadang terhusus di dua wilayah yaitu Sungai Bangek dan Tanjung Aur. Dimana sebelum berdirinya Kampus III UIN Imam Bonjol Padang kawasan ini sepi dan lengang, setelah dibangunnya Kampus daerah ini menjadi ramai oleh mahasiswa maupun penduduk yang ingen tinggal dikawasan tersebut. Hal tersebut menjadikan suatu akses bagi masyarakat untuk menumbuhkan perekonomian baik mendirikan bangunan kos-kosan, kedai sembako, rumah makan, photocopy dan lain sebagainya. Pembangunan Kampus III UIN Imam Bonjol juga berdampak terhadap harga tanah.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan motode kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian sejarah dengan menggunakan langkah-langkah metode penelitian sejarah. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data tertulis dan lisan. Data tertulis diperoleh dari dokumen-dokumen berupa data-data arsip dari Kampus III UIN Imam Bonjol Padang, sumber-sumber arsip dari Kantor Kelurahan Balai Gadang, dalam memperoleh data lisan dengan cara melalukan wawancara langsung dengan masyarakat terutama masyarakat yang memiliki rumah kos, fotocopy, kios makanan pokok, serta masyarakat pelaku ekonomi lainnya. Hasil penelitian menemukan dengan dibangunnya Kampus sangat membantu perekonomian masyarakat Keluraahan Balai Gadang, sehingga kondisi perekonomian dapat membaik.

Author Biography

Azmi Fitrisia, Universitas Negeri Padang

Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Published
2023-10-03

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.