Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Animation Video Pada Pembelajaran Sejarah Untuk Peserta Didik Kelas 11 Fase F di SMA N 10 Padang

  • Muhammad Irsyad Akmal Universitas Negeri Padang
  • Ridho Bayu Yefterson

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengumpulan informasi kebutuhan terhadap pengembangan animation video sebagai media pembelajaran sejarah di SMA N 10 Padang dan analisis kebutuhan animation video sebagai media pembelajaran sejarah di SMA bagi peserta didik kelas XI IPS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE. Namun, tahapan yang digunakan pada penelitian ini hanya sampai pada tahap analisis, yaitu berupa analisis kebutuhan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil pembahasan dalam penelitian ini adalah peserta didik memiliki antusias belajar sejarah rendah yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajarn sejarah yang monoton sehingga peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif, oleh karena itu dibutuhkan inovasi merupa media pembelajaran animation video. Media animation video diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan terkait rendahnya antusias belajar peserta didik, sehingga akan tercipta pembelajaran sejarah yang efektif dan tercapainya tujuan pembelajaran.

Published
2023-10-10

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.