Inovasi Komik Strip Berlandaskan Analisis Historical Thinking sebagai Media Pembelajaran Sejarah SMA

  • Aulia Tiara Rosida Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Hera Hastuti Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
Keywords: media pembelajaran, pelajaran sejarah, komik strip, historical thinking, 4Dmodels

Abstract

Pelajaran sejarah cenderung bersifat abstrak tidak seperti ilmu alam yang pasti, karena visualisasi masa lalu tidak bisa diulang dan dibawa sebagai contoh kedalam kelas. Pelajaran sejarah sejatinya dipelajari dengan tujuan kebermaknaan materi untuk peserta didik dalam menghadapi kehidupannya dengan menerapkan cara berfikir sejarah. Proses pembelajaran sendiri merupakan proses komunikasi antar guru, peserta didik dan pesan (materi pelajaran). Penggunaan media embelajaran penting dalam proses komunikasi. Media membantu peserta didik dalam menanamkan konsep dasar yang benar, dan realistis dengan pengalaman yang integral, menyeluruh dan konkret. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk pengembangkan komik strip berlandaskan analisis historical thinking yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam pelajaran sejarah Indonesia di sekolah menengah atas. Penelitian menggunakan 4-D models dengan menggunakan 3 tahapan yaitu define, design dan develop. Instrument yang digunakan berupa lembar penilaian validitas untuk ahli. Berdasarkan hasil yang diperoleh, media komik strip yang dikembangkan valid digunakan sebagai media pembelajaran sejarah di sekolah.

Published
2020-10-04

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.