Perkembangan Perekonomian Pedagang di Pasar Raya Padang Pasca Gempa 2009-2019

  • Yuza sintiya Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Zul asri Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
Keywords: Pedagang, Gempa, Ekonomi, Pasar Raya Padang, Pemerintah

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang perkembangan Ekonomi di Pasar Raya Padang setelah kejadian gempa pada tahun 2009-2019. Bangunan infrastruktur di Pasar Raya Padang yang hancur akibat gempa, telah dibangun kembali oleh pemerintah. Proses pembangunan dan revitalisasi ini yang kemudian berpengaruh terhadap perekonomian para pedagang. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian sejarah.
Ada beberapa langkah yang dilakukan dalam penelitian sejarah yaitu heuristik (mengumpulkan data), kritik sumber (melakukan kritik terhadap sumber data), interpretasi (melakukan penafsiran yang berhubungan dengan fakta sejarah) dan historiografi (penulisan sejarah). Hasil penelitian ini menjelaskan setelah kekuatan gempa meluluhlantakan Pasar Raya Padang, pemerintah melakukan berbagai upaya agar pasar sentral ini kembali berfungsi. Upaya tersebut
diantaranya, pembangunan blok I, II, III, dan IV, menggratiskan pemakaian kios dan retribusi selama 1 tahun, merubah jalur angkot, dan mengadakan berbagai kegiatan publik dan menempatkan kantor pemerintahan. Hanya berselang dua puluh hari setelah gempa itu terjadi, pemerintahan Kota Padang berinisiatif untuk mendirikan kios-kios darurat. Selama berjualan di kios-kios darurat tersebut, para pedagang umumnya merasakan penurunan pendapatan.
Kenyatannya, pasar raya yang telah diperbaiki tidak seiring dengan segi ekonomi pedagang, karena dibandingkan dengan sebelum gempa 2009 pendapatan mereka jauh lebih baik.

Published
2020-10-04

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.