Revolusi Hijau dan Menyusutnya Benih Padi Junjuang di Nagari Pakan Raba’a (1998-2019)

  • Cici Paramida Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Etmi Hardi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
Keywords: revolusi hijau, varietas junjuang dan pertanian

Abstract

Revolusi Hijau Dan Menyusutnya Penggunaan Varietas Benih Junjuang Di Nagari Pakan Rabaa Tahun 1998-2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang menyusutnya benih padi junjuang di nagari pakan raba’a penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian sejarah. Langkah awal penelitian ini yaitu heuristik , kritik sumber, analisis dan interprestasi dan historiografi. Hasil yang didapat dalam nagari pakan raba’a yaitu Pengaruh dirasakan dari Revolusi Hijau bagi petani pemilik sawah dan pemilik modal pada waktu itu merupakan suatu kekaguman karena pendapatan dan hasil yang menereka tanam ada yang meninggakat dan ada yang menurun tergantung dari kondisi
bentuk benih padi. Nagari Pakan Raba’a dalam pengunaan varietas ini sudah sangat berkurang sekali karena jenis padi ini memiliki rumput yang sangat sedikit jadi untuk hasil padinya tidak terlalu banyak sehingga tidak mencapai target petani dalam panennya tapi jika di kaitkan dengan berasnya padi junjuang ini sangat enak dan tidak pulen jika dimasak. penyusutan dari varietas Junjuang ini sangat jelas sekali bahkan petani kebinggungan kenapa padi jenis Junjuang mengalami penyusutan sedemikian rupa.

Published
2020-10-04

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.