Biografi Sriyanto Seorang Wirausaha Dan Pelopor Wisata Edukasi Tahu Di Nagari Batu Taba Kecamatan Ampek Angkek (2005-2023)

  • Khairani Gusraini Universitas Negeri Padang
  • Etmi Hardi
Keywords: Biografi, Wirausahawan, Wisata Edukasi

Abstract

Sriyanto yang merupakan seorang pengusaha sukses di daerah Cangkiang kecamatan Ampek Angkek yang bergerak di usaha Produksi Tahu. Pada penelitian ini akan membahas tentang Biografi Tematis yang mana yang fokus penulisannya terhadap hal penting dalam kehidupan tokoh. namun dalam penulisannya tetap sesuai pada kaidah penelitian sejarah yaitu dengan menggunakan empat metode sejarah yaitu mencakup tahap Heuristik, Tahap Kritik, tahap Interpretasi, dan tahap Historiografi. 1). Tahap Heuristik: tahap awal dalam penelitian sejarah yaitu dengan pengumpulan data atau sumber seperti sumber primer dan sumber sekunder. 2). Tahap Verifikasi Atau Kritik Sumber, Peneliti dapat menanya dan membuktikan keaslian sumber tersebut. Adapun kritik internal diperlukan untuk menilai tingkat kredibilitas sumber, Selanjutnya 3). Tahap Interpretasi,.Tahapan ini menuntut kehati-hatian dan integritas penulis untuk menghindari interpretasi yang subjektif terhadap fakta yang satu dengan fakta yang lainnya, agar ditemukan kesimpulan atau gambaran sejarah yang ilmiah, terakhir 4). Tahap Histiografi, atau penulisan sejarah. Penulis akan menulisakan rangkaiaan mulai dari tahap Heuristik selanjutnya hasil sumber yang telah Verifikasi dan Interpretasi sebelumnya secara kronologis. Sriyanto pelopor berdirinya Wisata Edukasi Pabrik Tahu Cangkiang yang akan memberi inspirasi bagi banyak orang seperti pada kalangan pelajar untuk semua jenjang sekolah.

Published
2023-06-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.