Sejarah dan Prestasi SSB (Sekolah Sepakbola) Imam Bonjol Padang

  • Yoga Andrian Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Abdul Salam Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
Keywords: Sepakbola, Sekolah Sepakbola (SSB), Prestasi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian sejarah tentang sejarah dan prestasi Sekolah Sepakbola (SSB) Imam Bonjol dari tahun 2009 hingga tahun 2019. SSB ini didrikan oleh seorang punawairawan TNI AD yang bernama Yulius Dede. SSB ini awalnya bernama SSB Wirabraja dan berganti nama menjadi SSB Imam Bonjol. SSB Imam Bonjol pernah mewakili Sumatera Barat diajang Danone Cup tingkat nasional. Penelitian ini menggunakan metode sejarah, yaitu (1) heuristik, mencari dan menemukan data dalam bentuk wawancara dengan pendiri SSB Imam Bonjol serta pelatih. (2) kritik sumber, dengan membuktikan apakah sumber tersebut dapat digunakan, (3) interpretasi data yang telah dikumpulkan, (4) historiografi menulis
penelitian ilmiah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, Yulius Dede mendirikan SSB Wirabraja karena adanya perintah dari komandannya untuk mendirikan sebuah Sekolah Sepakbola (SSB) yang akan dijadikan sebagai junior dari Tim PS AD. Kedua, SSB ini pernah menjadi perwakilan Sumatera Barat di ajang piala Danone Cup ditingkat nasional.

Published
2020-10-04

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.