Pengembangan Media Kartu Kuartet Pembelajaran Sejarah di SMA
Abstract
Penelitian ini merupakan kesimpulan dari skripsi penulis yang berjudul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan dari penggunaan media kartu kuartet dalam pembelajaran sejarah di SMA N 2 Koto XI Tarusan penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (researcg and development) dengan menggunakan medel ADDIE. Pengembangan ini terdiri dari Analisis (analyze), Desain (design), pengembangan (development), Implementasi implementasi), dan evaluasi (evaluation). Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (development) sedangkan tahap implementasi dan tahap evalusi tidak dapat dilakukan dikarena sedang pandemi covid 19, hanya dilakukan uji coba kelayakan dan uji praktikalitas media oleh dosen dan guru mata pelajaran sejarah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk skla likert. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti menghasilkan media kartu kuartet pembelajaran sejarah. Hasil dari uji coba kelayakan materi dan media oleh validator materi sejarah Indonesia dan validator media pembelajaran didapatkan hasil sebesar 3,6 dan 3,3 dengan kategori sangat layak oleh ahli materi dan media. Sedangka uji coba praktikalitas oleh 2 orang guru sejarah didapatkan hasil sebesar 3,3 dan 3,4 dengan kategori sangat praktis digunakan oleh guru sejarah di SMA N 2 Koto XI Tarusan.