Pengembangan Program Analisis Keterampilan Berpikir Historis HT_AN (Historical Thinking Analysis)

  • Muhammad Rafi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Ofianto Ofianto Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
Keywords: HT_AN, analisis, keterampilan, kerpikir historis

Abstract

Program analisis keterampilan berpikir historis HT_AN (Historical Thinking Analysis), dikembangkan karena kebutuhan untuk terus memperbaiki dan memudahkan sistem penilaian keterampilan peserta didik dalam mempelajari sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan program analisis yang untuk menilai keterampilan berpikir historis mata pelajaran sejarah di sekolah dan 2) memperoleh bukti empiris terkait kelayakan program analisis untuk digunakan di lapangan. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan Dick dan Carrey’s dan disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan, terdiri dari 1) tahapan analisis instruksional, 2) menulis tujuan kinerja, 3) pengembangan produk, dan 4) validasi produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa telah dihasilkan suatu program untuk menganalisis keterampilan berpikir historis mata pelajaran sejarah kelas X. Kegiatan pengembangan meliputi, a) analisis tujuan instruksional yang menghasilkan informasi untuk pembuatan tujuan kinerja, b) membuat tujuan kinerja yang berisi perencanaan bentuk program yang dikembangkan, c) pengembangan HT_AN berdasarkan kisi-kisi dan model dan e) validasi program HT_AN. Hasil validasi memperoleh hasil positif dengan skor rata-rata 4.29 dari aspek tampilan HT_AN dan 4,4 dari aspek teknis penggunaan HT_AN. Jadi, seca ra keseluruhan, program HT_AN telah layak untuk digunakan atau diujicobakan di lapangan.

Published
2020-10-04

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.