Analisis Pengembangan Media Komik Digital Untuk Pembelajaran Sejarah Siswa SMA
Abstract
ABSTRAK
Keterampilan berpikir sejarah (historical thinkimg) saat ini menjadi tujuan utama dalam pembelajaran sejarah. Salah satu keterampilan berfikir sejarah atau historical thinking yang harus dimiliki oleh siswa adalah keterampilan menganalisis sebab dan akibat peristiwa sejarah. Dalam melatih keterampilan menganalisis sebab dan akibat peristiwa sejarah siswa, guru bisa menggunakan media pembelajaran yang interaktif, seperti media pembelajaran komik digital. Sehingga penelitian ini dilakukan guna untuk; 1) Mengetahui kelayakan penggunaan media komik digital dalam meningkatkan keterampilan menganalisis sebab dan akibat siswa. 2) Mengetahui kepraktisan penggunaan komik digital dalam meningkatkan keterampilan menganalisis sebab dan akibat siswa dalam peristiwa sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri atas 4 tahap pengembangan, yakni pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan dan kepraktisan penggunaan media komik digital sebagai media pembelajaran memiliki tingkat penilaian dengan kategori sangat praktis. Sehingga media komik digital sangat layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menganalisis sebab dan akibat peristiwa sejarah siswa.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Komik Digital, Keterampilan Menganalisis Sebab Dan Akibat, Historical Thinking