Pengembangan Media History Virtual Exhibition untuk Pembelajaran Sejarah di SMA
Abstract
Abstrak
Penggunaan media pendidikan selama proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi, dan minat belajar siswa, sehingga penggunaan media dapat membantu siswa belajar dengan lebih mudah. Selain itu, dengan menggunakan media pembelajaran selama proses pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Media pembelajaran memiliki keterkaitan yang erat dengan tahapan taraf berfikir manusia, dimana media pembelajaran dapat mengkongkretkan hal-hal yang bersifat abstrak dan mengsederhanakan hal-hal yang kompleks. Sejarah merupakan mata pelajaran wajib yang memiliki banyak materi yang harus disampaikan guru. Dalam menyampaiakan materi tersebut guru sejarah lebih sering menggunakan paradigma konvensional dengan metode ceramah saja (Teacher Centered,Text Book Centered) sehingga tujuan pembelajaran sejarah kurang tercapai secara optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah inovasi pengembangan media pembelajaran salah satunya adalah media kartu sejarah berbasis qr-code. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran kartu sejarah berbasis qr-code untuk membantu kemampuan berpikir kausalitas pada siswa di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and DevelopmenT) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan studi literatur, menganalisis permasalahan, analisis KI dan KD, analsisis kebutuhan guru dan siswa dan melakukan tahap perancangan media.
Kata Kunci: analisis kebutuhan, pengembangan, kartu, qr-code, pembelajaran sejarah