Bagaimana Sejarah Seharusnya Diajarkan?

(Sebuah Kajian Pemikiran Pembelajaran Sejarah)

  • Iqrima Basri Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Hera Hastuti Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
Keywords: Studi Kepustakaan, Pembelajaran sejarah, Historical thinking

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin kompleksnya permasalahan dalam pembelajaran
sejarah yang tak kunjung menemukan cara yang tepat untuk menyelesaikannya. Salah satunya
adalah permasalahan mengenai kemampuan berpikir historis atau yang umumnya dikenal
dengan historical thinking yang masih sangat rendah. Penelitian ini menjadi sangat penting
karena historical thinking merupakan basic yang harus ada dalam pembelajaran sejarah.
Permasalahan rendahnya kemampuan berpikir sejarah ini menjadi central problem yang
memunculkan permasalahan-permasalahan lainnya yang lebih buruk. Permasalahan tersebut
mengindikasikan bahwa pembelajaran sejarah belum menemukan cara yang tepat untuk
membelajarkan sejarah kepada peserta didik. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran sejarah, dan
menemukan cara yang tepat untuk mengajarkan sejarah kepada peserta didik baik di jenjang
sekolah menengah, maupun perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan yang
dilakukan dengan cara menghimpun dokumen dan literatur dari berbagai sumber terkait
permasalahan yang tengah ‘menggerogoti’ pembelajaran sejarah, untuk kemudian mencarikan
solusi yang tepat bagi permasalahan tersebut, dan merumuskan bagaimana seharusnya sejarah
diajarkan kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan
pembelajaran sejarah yang paling urgent adalah permasalahan yang berkaitan dengan cara
mengajarkan sejarah kepada peserta didik, kenyataan yang ditemui di lapangan bahwa proses
pembelajaran sejarah disekolah maupun diperguruan tinggi masih belum sesuai dengan hakikat
pembelajaran sejarah itu sendiri, dimana sejarah bukan lagi sekadar cerita masalalu, namun lebih kepada penyampaian makna yang berguna bagi masa ini dan masa mendatang. Akan tetapi
hingga saat ini sejarah belum memiliki model pembelajaran yang dirancang khusus untuk
pembelajaran sejarah itu sendiri. Maka dari itu dibutuhkan adanya sebuah model pembelajaran
yang dirancang khusus untuk membelajarkan sejarah berlandaskan kepada analisis historical
thinking.

Published
2020-10-04

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.