Kelayakan Penggunaan Bahan Ajar Mini Book Infografis Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Melatih Siswa Berpikir Sebab-Akibat

  • Regina Weka Benita History Departemen
  • Ofianto Ofianto

Abstract

Didalam pembelajaran sejarah tidak hanya mempelajari kehidupan dimasa lalu saja, tetapi pada pembelajaran sejarah juga mengembangkan soft skill yang dimiliki oleh siswa, salah satunya adalah kemampuan berpikir historis. Salah satu kemampuan berpikir historis adalah kemampuan menganalisis sebab dan akibat suatu peristiwa sejarah. oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengeatahui kelayakan dan praktikalitas penggunaan bahan ajar mini book infografis dalam pembelajaran sejarah terutama untuk melatih siswa dalam menganalisis atau berpikir sebab-akibat suatu peristiwa sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil dari oenelitian ini menunjukkan bahwa (1) kelayakan bahan ajar mini book infografis secara garis besar sangat layak digunakan dalam pembelajaran sejarah dan mampu melatih siswa untuk berpikir secara sebab-akibat, (2) Praktikalitas bahan ajar mini book infografis tergolong dalam kategori praktis

Published
2023-03-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.