Pengembangan E-book Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah SMA Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kronologis
Abstract
ABSTRAK
Salah satu karakteristik dari historical thinking yang harus dimiliki oleh siswa adalah berpikir kronologis. Keterampilan berpikir kronologis dapat dilatih salah satunya dengan menggunakan E-book sebagai sumber belajar yang interaktif. Maka dari itu penelitian ini memiliki tujuan untuk (1). Mengetahui apakah E-book sebagai sumber belajar sejarah SMA dapat melatih keterampilan berpikir kronologis. (2). Mengetahui apakah E-book sebagai sumber belajar sejarah SMA layak dan praktis digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kronologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dimana model pengembangannya adalah ADDIE, yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Analisis, Design, Development, dan Implementasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Pengembangan E-book dari segi materi memperoleh nilai 4,6 dan sebagai sumber belajar memperoleh nilai 4,3 ini artinya E-book sangat layak dan dapat melatih keterampilan berpikir kronologis. (2). E-book sebagai sumber belajar untuk melatih keterampilan berpikir kronologis secara keseluruhan berada pada kategori sangat layak dan praktis dengan nilai dari guru 4,7 dan siswa 4,6.
Kata Kunci : E-book, sumber belajar, berpikir kronologis, historical thinking