Media Pembelajaran Video Animasi Pop-up Book Dalam Mengidentifikasi Kesinambungan Dan Perubahan Peristiwa Sejarah

  • Oni Sartika Maryana departemen sejarah
  • Ofianto Ofianto

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya variasi media pembelajaran dan minimnya kemampuan berpikir perubahan dan kesinambungan peristiwa sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa mengidentifikasi perubahan dan kesinambungan peristiwa sejarah. Manfaat penelitian ini dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan peserta didik dapat dengan mudah memahami dan mengidentifikasi perubahan dan kesinambungan dalam peristiwa sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan memakai model pengembangan ADDIE yang mengembangankan media pembelajaran video animasi pop-up book. Uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji praktikalitas dilakukan oleh guru sejarah dan siswa SMA N 13 Padang kelas X/ Fase E2 dengan menggunakan angket.Hasil analisis validitas oleh ahli materi pada media pembelajaran video animasi pop-up book masuk pada kategori layak dengan nilai rata-rata 4.1. Selain itu analisis hasil validasi ahli media masuk pada kategori sangat layak dengan nilai rata-rata 4,5. Kemudian hasil uji praktikalitas oleh guru sejarah masuk kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 4,6. Serta uji praktikalitas pada siswa masuk kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 4,6.

kata kunci: media pembelajaran, video animasi po-up book, keterampilan mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan, pembelajaran sejarah, pemikiran sejarah.  

 

Published
2023-03-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.