Analisis Kebutuhan Media Virtual Reality dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X SMA N 1 Padang
Abstract
Kemampuan dalam menganalisis perubahan dan keberlanjutan pada kejadian sejarah adalah bagian dari kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa sesuai dengan capaian tujuan pembelajaran sejarah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menganalisis perubahan dan keberlanjutan pada siswa dapat dilakukan dengan pemanfaatan media belajar yang interaktif dan sesuai dengan perkembangan teknologi , salah satunya yaitu Virtual Reality. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penggunaan media Virtual Reality untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis perubahan dan keberlanjutan pada peristiwa yang terjadi di masa lalu, (2) untuk mengenali dan kepraktikalitasan media virtual reality yang dikembangkan dalam proses pembelajaran sejarah, (3) untuk mengetahui efektivitas dari pengembangan media Virtual Reality dalam meningkatkan kemampuan menganalisis perubahan dan keberlanjutan pada siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Hasil dari penelitian menunjukan (1) tingkat kelayakan media yang dikembangkan pada kategori layak dan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis perubahan dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah, dan (2) kemudahan pengembangan media virtual reality yang dikembangkan berapa pada penilaian praktis dan mudah digunakan baik bagi siswa dan guru di sekolah.