Dampak Krisis Moneter Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Petani Kopi Di Desa IV Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong 1997-1999

  • Deni Septriadi Universitas Negeri Padang
  • Rusdi Rusdi

Abstract

 

Penelitian ini mengkaji kehidupan sosial ekonomi petani kopidi Desa IV Suku Menanti (1997-1999). Penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1). Bagaimana kehidupan sosial dan ekonomi masyrakat petani kopi sebelum dan sesudah krisis moneter. 2). Bagaiamana dampak krisis moneter terhadap para petani kopi. Penelitian ini menggunakan metodesejarah, dengan emapat tahapan sebagai berikut: Heuristik, Kritik sumber, interprestasi dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian kehidupan sosial ekonomi sebelum, disaat dan sesudah krisis moneter, terjadi peningkatan harga kopi menyebabkan pendapatan para petani kopi meningkat di saatmasa krisis moneter dan di akhir krisis moeneter, walaupundisaat itu nilai mata rupiah sangat rendah tetapi dengannaiknya harga kopi membuat para petani kopi lebih makmur,tidak hanya bisa mecukupi kebutuhan sehari-hari seperti biasa tetapi bisa membeli peralatan dan perlengkapan rumah tangga, yang sebelumnya tidak bisa di cukupi dan juga berdampak ke kehidupan sosial mereka dengan mulai diperhatianpendidikan, meningkat nya kedudukan kehormatan para petani kopi dan juga terjadi Culture Shock akibat dari meningkatnya pendapatan para petani kopi.

Kata kunci: Krisis Moneter, Harga Kopi, Petani Kopi, Kehidupan Sosial Ekonomi

Published
2023-03-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.