Organisasi Sulit Air Sepakat (SAS): Tinjauan Historis Organisasi Sosial Kemasyarakatan Sulit Air Diperantauan (2000 - 2021)

  • Kurniatillah Kurniatillah Universitas Negeri Padang
  • Zul Asri

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perkembangan Organisasi Sulit Air Sepakat (SAS) di perantauan tahun 2000-2021. Permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana Perkembangan Organisasi Sulit Air Sepakat (SAS) 2000-2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan yaitu heuristic, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, Organisasi ini terus megalami perkembangan sejak tahun 2000-2021. Perkembangan yang tidak hanya untuk kepentingan warga SAS yang ada di perantau saja, akan tetapi juga untuk pembangunan Nagari Sulit Air. Seperti pembangunan gedung serbaguna SAS Bandung yang merupakan impian dan harapan SAS akhirnya berdiri dan juga berhasil mendaftarkan SAS sebagai Organisasi berbadan hukum “perkumpulan”. sejak saat itu, agenda legalisasi seluruh aset SAS menjadi milik “Perkumpulan SAS” mulai dilakukan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi konflik kepentingan di masa yang akan datang. Peranan SAS terhadap pembangunan Sulit Air yaitu pembangunan Masjid Raya Sulit Air, bantuan untuk honor guru tiap bulannya, dan masih banyak lagi peranan Perantau SAS untuk Nagari Sulit Air.

Published
2023-08-28

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.