Inovasi Permainan Ular Tangga Sebagai Media dalam Pembelajaran Sejarah
Abstract
Penelitian yang penulis lakukan ini dilatar belakangioleh minimnya penggunaan media pembelajaran di sekolah khususnya media pembelajaran sejarah yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengembangkan media permainan ular tangga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemblajaran sejarah. Berdasarkan observasi yang telah penulis lakukan baru sebagian kecil siswa yang mampu untuk berpikir secara kritis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menjadi sangat penting karena kemampuan untuk berpikir kritis harus ada dalam pembelajaran sejarah, dan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa tersebut dibutuhkan suatu media yang dapat membantunya yaitu berupa penggunaan media ular tangga. Minimnya penggunaan media dalam pembelajaran sejarah membuat penelitian ini makin penting untuk dilakukan. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah R&D atau research and development, dimana tujuan dari penelitian R&D adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwamedia pembelajaran ular tangga terbukti terbukti layak dan praktis untuk diterpakan di SMA N 2 Kota Solok dengan uji validitas data dari ahli materi dan ahli media sebesar 3,4 dan 3,7 dan uji praktikalitas oleh guru sebesar 3,63. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas tersebut dapat disimpulkan bahwa media ular tangga ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah.