Pengembangan Media Video Pembelajaran Sejarah yang Memuat Materi Kronologis

  • Afrilyza Putri Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Hera Hastuti Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
Keywords: Media Video, Berpikir Kronologis, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini merupakan kesimpulan dari skripsi penulis yang berjudul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan Kepraktisan penggunaan media dalam pembelajaran sejarah di SMAN 16 Padang Penelitian ini merupakan penelitianpengembangan (research anddevelopment)menggunakan model ADDIE. Pengembangan ini terdiri dari Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Namun penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap Pengembangan Development (Pengembangan). Subjek uji coba adalah siswa kelas XI SMAN 16 Padang sedangkan objek uji coba adalah media video pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan berpikir kronologis. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk skala Likert. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk media video pembelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ahli materi menyatakan media video pembelajaran sejarah sangat layak digunakan dengan analisis data sebesar 3,64 dan 3,58 dengan kategori sangat layak menurut ahli media. Produk penelitian juga dikategorikan sangat praktis oleh Guru dan siswa dengan rata-rata 3,83dan 3,31. Maka dari itu pengembangan media video pembelajaran sejarah dikategorikan dengan layakdan praktis, dan bias dimanfaatkan oleh guru dan siswa pada proses pembelajaran.

Published
2020-10-02

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.