Analisis Kesesuaian Capaian Pembelajaran IPS Kelas X Dengan Buku Teks Ips Program Sekolah Penggerak
Analisis Kesesuaian Capaian Pembelajaran IPS Kelas X Dengan Buku Teks Ips Program Sekolah Penggerak
Abstract
Abstrak
Dalam kurikulum sekolah penggerak tidak ada istilah KI dan KD melainkan diganti dengan capaian pembelajaran (CP). Masalah tersebut menjadi latar belakang dilakukanya penelitian tentang kesesuaian CP dengan buku teks IPS kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menelusuri apa yang menjadi karakteristik capaian pembelajaran IPS kelas X program sekolah penggerak, 2) menggambarkan buku teks IPS Kelas X program sekolah penggerak, 3) mengkaji kesesuian capaian pembelajaran dengan buku teks IPS kelas X program sekolah penggerak. Permasalahan tersebut melatarbelakangi dalam mengkaji kesesuaian CP dengan buku teks IPS kelas X dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti untuk penelitian ini adalah temu kembali dokumen. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Temuan penelilian menyimpulakan bahwa capaian pembelajaran merupakan kemampuan yang harus dicapai oleh siswa setiap perkembangan. Buku teks IPS kelas X terdiri dari empat sub tema tetapi dalam penelitian ini kita hanya akan mengkaji topik 01 Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang dan Waktu. Kesesuaian CP dengan buku teks ditunjukan oleh CP No 1 pada elemen pemahaman konsep menunjukan kesesuaian sebesar 71,42% (kriteria baik), CP 1 pada elemen keterampilan proses sejarah terdapat kesesuaian sebesar 16,66 termasuk (kriteria sangat kurang).
Kata Kunci : Capaian Pembelajaran, buku teks, sekolah penggerak