Pengembangan Handout Pendekatan Sinkronik Pada Pembelajaran Sejarah Mahasiswa Jurusan Sejarah FIS Universitas Negeri Padang
Abstract
Tujuan dari pengembangan Handoutini adalah sebagai pedoman serta pegangan bagi mahasiswa serta dosen dalam proses pembelajaran, dan kemudian tujuan lain digunakannya pendekatan sinkronik dalam memahami sebuah persitiwa sejarah sangatlah penting dikarenakan dalam membahas sebuah masalah ataupun latar belakang terjadinya peristiwa sejarah dilihat dari segala aspek bidang kehidupan masyarakat dengan menggunakan bantuaan ilmu-ilmu sosial sebagai alat analisis dari penggunaan konsep serta teori. Model yang digunakan adalah model ADDIE yang berhubungan dengan analisis, desain, development, implementasi serta evaluasi. Hasil penelitian telah melahirkan sebuah produk baru dalam pembelajaran sejarah yaitu Handout. Tahap analisis berkaitan dengan analisis kebutuhan serta materi, sedangkan tahap desain berhubungan dengan perancangan Handout serta penulisan atau pemakaian pendekatan sinkonik pada materi sejarah yang berhubungan dengan peristiwa sejarah, Serta tahap pengembagan berhubungan dengan pengembangan produk. Penilaiaan dari segi materi hinggahbahan ajar yang dilakukan oleh ahlinya masing-masing. Hasil penilaian terhadap produk yang berkaitan dengan materi serta Handout mendapatkan posisi posistif, dengan hasil skor rata-rata pada materi 3,28 dengan kategori sangat layak kemudian penilaian padaHandout mendapatkan skor rata-rata 3,64 dengan kategori sangat layak.